Pemkab Batang Ingatkan Pemdes Selektif Tentukan Penerima BLT

Reporter : -4 views
Kepala Dinas Sosial Batang Joko Tetuko

BATANG – Dinas Sosial Kabupaten Batang meminta pihak pemerintah desa lebih selektif dalam tahap pengusulan hingga pengiriman data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) terdampak pandemi Covid-19. Dengan seleksi ketat, akan menghindarkan seorang penerima memeroleh bantuan ganda.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial Batang Joko Tetuko, Senin (27/4/2020). Menurutnya, pemerintah desa seharusnya sudah mengetahui betul tentang calon penerima bantuan.

“Nama-nama penerima sebetulnya mereka sudah tahu jadi harus selektif. Mereka yang akan menerima BLT tergolong sebagai orang miskin dan rentan miskin yaitu tidak menerima penghasilan tetap, kalau pun berpenghasilan di bawah Rp1,7 juta,” ujarnya di ruang kerjanya.

Ia menyebut, akan ada beberapa bantuan dari lembaga berbeda. Sebanyak 112.000 kepala keluarga akan menerima bantuan dari Kementrian Sosial, berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Adapula yang diusulkan menerima bantuan dari Pemprov Jateng sebanyak 53.878 kepala keluarga. Selanjutnya, sebanyak 28.808 kepala keluarga akan menerima bantuan dari Dana Desa, dan sejumlah 30.330 kepala keluarga akan menerima bantuan dari APBD Kabupaten Batang.

“Penyaluran bantuan dari Kementerian Sosial, Provinsi Jawa Tengah, Dana Desa, dan APBD sebaiknya dilakukan secara serentak, diperkirakan bulan Mei mereka yang terdampak pandemi Covid-19 sudah menerima BLT,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *